Jumat, 02 November 2012

BAHAYA BISING



Bising adalah :Bunyi /suara yg tidak menyenangkan/tidak dikehendaki,oleh pekerja.

Jadi Bahaya Bising adalah : Suatu kondisi, keadaan Bunyi, Suara yang tidak dikehendaki/menyenangkan yg akan merusak / mencederai indera pendengar kita.

Jika kita bekerja di tempat yang Bising dalam jangka waktu yg lama/tertus menerus maka indera pendengaran kita akan menurun, bahkan bisa Tuli permanen/tuli sementara. yang dimaksud Tuli permanen adalah Tuli yg tidak bisa diobati, harus menggunakan alat, sedangkan Tuli sementara adalah Tuli yang beberapa jam, hari akan sembuh/normal kembali.

Adapun suara/bunyi yang tidak menyenangkan /dikehendaki antara lain:

Suara pukulan palu pada pelat, box, suara gojing,suara plasing,suara sunblas,bunyi ledakan,dsb.                                   
Dalam kehidupan sehari – hari , untuk dapat melakukan sesuatu yang sempurna dibutuhkan Pendengaran yang baik agar mudah untuk berkomunikasi.

Pendengaran merupakan alat pemberi peringatan yang sangat peka, sekalipun dalam keadaan tertidur, lebih – lebih dalam keadaan terjaga atau sedang melakukan pekerjaan.

Dari penjelasan di atas sudah jelas bahwa Peranan Pendengaran sangat penting, untuk itu kita perlu menjaga indera pendengar kita dari suara-suara yang tidak menyenangkan/tdk dikehendaki,agar indera pendengar kita tetaf fit.

Manusi/pekerja mempunyai kemampuan menerima intensitas terlemah 10 db dan intensitas tertinggi 85 – 90 db, lebih dari itu harus memakai PPE. Alat pelindung diri yang harus dikenakan adalah Ear Plug untuk intensitas bunyi antara 85 s/d 120 db dan Ear Muff untuk intensitas bunyi diatas 120 db.

Adapun langkah – langkah yang perlu kita lakukan untuk menjaga kesehatan Pendengaran kita al:
-          Pertama mengurangi Intensitas/kekuatan bising pada sumbernya.
-          Kedua kita harus menggunakan Erplug jika bekerja di lokasi yang bising.
     
Semoga tulisan ini bermanfaat, ingin ngobrol dengan saya? twitter follow @damarat1.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar